Rabu, 16 Mei 2012

Kapal Selam Buatan Buruh China Sukses Diuji


Sebuah kapal selam buatan warga China, Zhang Wuyi (37), sukses diuji coba pekan lalu. Pria asal Provinsi Hubei, China Tengah, ini mengembangkan kapal selam sejak 2008.

Pekerja pabrik mesin tekstil itu menghabiskan dana sekitar 3 juta yuan untuk menyelesaikan kapal selam. Kapal ini memiliki panjang 6 meter, dengan lingkaran 2 meter, beratnya sekitar 9 ton. 

Kapal ini dilengkapi dengan berbagai peralatan seperti kamera, radar, dan sistem posisi. Diklaim mampu menyelam hingga kedalaman 100 meter dan bertahan hingga 20 jam di bawah air.

Kapal selam itu sukses melakukan uji coba penyelaman pada Selasa pekan lalu. Uji coba dilakukan pada kedalaman 4,5 meter di kolam berukuran 15 kali 8 meter milik galangan kapal setempat.

Zhang yakin pasar untuk kapal selam ini akan terbuka lebar. "Banyak orang yeng bekerja di industri peternakan bawah laut terserang penyakit dan bahkan kehilangan nyawa saat menyelam. Kapal selam saya dapat mengurangi risiko para penyelam dan menjamin keamannya," kata Zhang sebagaimana dikutip China Daily.

Zhang mengaku telah menerima order baik dari dalam maupun luar negeri. Dia mempekerjakan 20 orang pada perusahaan kapalnya yang terletak di Bungalow Shabby di pinggiran kota.

Dalam uji coba itu, sejumlah perusahaan di bidang kelautan turut menyaksikan demo kapal selam Zhang itu. Mereka menunjukkan minat pada produk buatan Zhang tersebut.

"Sekarang peternak terutama tergantung pada penyelam untuk bekerja di bawah air. Ini bahaya dan tidak efisien. Jika kapal selam Zhang bisa bermanuver dengan baik, akan menjadi pengganti yang baik untuk penyelam," kata peternak Daomin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar