Selasa, 17 April 2012

Logitech Couch Mouse M515

Selama ini, penggunaan mouse lebih sering digunakan saat Anda mengerjakan pekerjaan di kantor atau menggunakan komputer dalam keadaan duduk tegak. Padahal, seringkali mouse dibutuhkan saat sedang bermalas-malasan di kasur atau sofa, sambil menikmati hiburan dari laptop.

Masalahnya, mouse merupakan alat yang umumnya bisa bekerja dengan baik di permukaan datar dan licin. Atas dasar itulah Logitech memperkenalkan Couch Mouse M515.

Seperti namanya, ini merupakan mouse yang didesain saat Anda menggunakan laptop sambil bermalas-malasan di sofa (couch). Dengan menggunakan bluetooth, mouse ini pun nyaman digunakan tanpa harus ribet masalah kabel.

Tapi seperti apa kerja mouse ini? Berikut ulasannya.

Desain:

Bentuk mouse ini memang terbilang besar dan berat. Meski begitu, desain ergonomisnya menjadikan mouse ini cukup nyaman digenggam. 

Mouse ini menggunakan dua baterai ukuran AA sebagai tenaga untuk koneksi bluetooth. Ini pula yang menyebabkan mouse ini besar dan berat. 

Sebagian fungsi mouse, seperti scroll dan klik pun nyaman digunakan, dan sesuai dengan bentuk tangan. Begitu pula saat digunakan dalam keadaan tidur-tiduran. 

Kinerja:

Logitech mendesain mouse ini hingga bisa digunakan di permukaan yang tidak rata, seperti sofa atau bantal. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot mencari permukaan datar agar mouse bisa menggerakkan kursor.

Saat diuji, mouse ini juga mudah dijalankan di segala permukaan, termasuk lengan atau paha. Mouse ini juga tak mengalami kendala saat digunakan di permukaan selimut, kain, pakaian, juga karpet. 

Responnya agak sedikit lambat justru ketika berada di permukaan yang rata dan licin, seperti di meja. Namun, respon lambat ini hanya terasa di awal. Setelah beberapa lama digunakan, responnya pun bekerja baik seperti biasa.

Fungsi scroll dan klik berjalan dengan baik, tanpa kendala. Selain itu, mouse ini dilengkapi tombol kecil di tengahnya. Tombol ini berfungsi untuk menggantikan fungsi scroll, atau membuka tab baru saat Anda menggunakan broswer internet.

Konektivitas:

Logitech melengkapi mouse ini dengan bluetooth berteknologi Unifying receiver. Dengan teknologi ini, Anda hanya tinggal mencolokkan receiver di koneksi USB, kemudian mouse pun bisa digunakan dari jarak jauh.

Kami menguji jarak, seberapa jauh mouse ini bisa digunakan. Hasilnya, kursor tetap bergerak walau mouse ini digerakkan dari jarak sekitar 25 meter. Tapi tentu dengan catatan, tak ada objek yang menghalangi mouse dengan receiver di laptop atau PC.

Dengan konektivitas ini, mouse ini pun cocok digunakan untuk presentasi di ruangan besar seperti aula. Sehingga Anda bisa tetap membawa mouse, dan cukup menjadikan tangan atau kursi sebagai alas untuk menggerakkan materi presentasi. 

Bluetooth dengan teknologi Unifying receiver ini membutuhkan tenaga baterai. Logitech menyebut daya tahan baterai bisa berlangsung hingga dua tahun.

Namun, kenyamanan mouse ini berbanding dengan banderol harganya yang cukup mahal. Di situs resminya, Logitech membanderol mouse ini seharga US$ 49.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar