Minggu, 22 April 2012

Canon ImageFormula, Scanner Portabel yang Mendukung Mobilitas



Canon
Canon ImageFormula P-215
JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda salah seorang yang butuh alat pemindai (scanner)untuk mendukung mobilitas sehari-hari? Dalam bentuk portabel, perangkat itu jadi ringkas dan mendukung mobilitas.

Pada akhir 2011 lalu, Canon meluncurkan scanner portabel ImageFormula P-215 di Indonesia. Scanner ini beratnya sekitar 1 kilogram dan berdimensi 11,2 x 3,7 x 1,6 inci. Cukup ringan dan ringkas untuk dibawa-bawa.
DSC04017

DSC04026
Bagaimana cara menggunakan dan kualitas ImageFormula P-215? Simak ulasan Kompas.comberikut ini.

Konektivitas
Semua konektivitas pada ImageFormula P-215 terletak di bagian belakang. Ada tuas Auto Start, MicroUSB, slot kunci, dan port power.

DSC04028
Seperti menghubungkan scanner pada umumnya, tancapkan kabel data USB 2.0 dari scanner ke komputer atau laptop. Scanner siap digunakan. Selain kabel data USB, Anda juga bisa melengkapi konektivitas dengan menancapkan kabel power USB ke komputer.

Plug and scan
Anda tak perlu lagi meng-install driver atau software untuk ImageFormula P-215 dari kepingan CD. Begitu scanner terkoneksi dengan komputer maka langsung muncul software built-in bernama CaptureOnTouch Lite untuk manajemen proses pemindaian.

New Picture (1)

New Picture (2)

New Picture (3)
   
Anda bisa memindai 20 lembar kertas dengan sekali klik. Scanner akan menarik kertas satu demi satu, mulai dari ukuran kartu nama hingga kuarto atau A4.

Jika ingin memindai selembar dokumen bolak-balik, Anda tak perlu secara manual memindai bagian belakang setelah bagian depannya dipindai. Karena, scanner ini membaca otomatis dokumen bolak-balik.

Semua file pindaian itu bisa diubah dalam format .PDF, .TIFF, .JPEG, .PPTX, dan .BMP. Begitupun dengan ukuran file yang dikompres, ada yang pilihan kualitas low, medium dan high.

Scanner yang dibanderol dengan harga sekitar 500 dollar AS ini, dapat berjalan di sistem operasi Windows dan Mac.

Kesimpulan
Kelebihan
+ Warna hasil pindaian cukup baik
+ Bisa memindai puluhan halaman sekaligus, scanner menarik kertas satu demi satu
+ Otomatis membaca dokumen bolak-balik
+ Sistem plug and scan, tidak butuh driver dalam bentuk kepingan CD

Kekurangan
- Konsekuensi scanner portabel, tidak dapat memindai halaman buku
Software built-in CaptureOnTouch Lite tidak menyediakan fitur mengubah gambar berwarna menjadi grayscale atau black and white
- Harga scanner cukup mahal, sekitar 500 dollar AS
Contoh hasil scan:
 Poster A4 hasil pindaian Canon ImageFormula P-215

Tidak ada komentar:

Posting Komentar