Selasa, 24 April 2012

Bukan Sekadar Menyimpan Foto, tapi Menyimpan Kenangan

Di era media sosial, keuntungan memiliki smartphone dengan kemampuan kamera mirip kamera DSLR sebenarnya bisa dipertanyakan. Tetapi HTC tidak sekadar menawarkan untuk menyimpan foto (atau musik), tetapi menawarkan untuk menyimpan kenangan.

Pada Jumat (20/4/2012), HTC meluncurkan dua ponsel terbarunya yang masuk dalam lini HTC One. Yang pertama adalah HTC One X yang dibanderol Rp 6.599.000 dan HTC One V yang bisa ditebus dengan harga Rp 2.999.000.

One X adalah ponsel yang digadang-gadang HTC untuk menjadi ponsel cerdas berkemampuan super. Memiliki layar 4,7 inci (bandingkan dengan iPhone 4 yang punya layar 3,7 inci), ditenagai prosesorquad-core 1,5 GHz, memori 1 GB dan penyimpanan 32 GB, One X memiliki semua modal untuk jadi favorit para pecinta gadget yang selalu ingin memakai perangkat tercanggih.

Selain itu One X juga dilengkapi dengan kamera beresolusi 8 MP, dengan diafragma 2.0 sehingga membuatnya tetap mampu menangkan objek dalam suasana cahaya yang kurang. Inilah salah satu fitur andalan HTC di One X, yang membuat produsen asal Taiwan itu menggunakan fotografer Robin Alfian untuk memberi testimoni mengenai produk ini. Dalam klaim HTC, kemampuan kamera One X tidak kalah dengan kemampuan kamera DSLR.

Kamera One X bisa diaktifkan hanya dalam waktu 0,7 detik serta tidak lupa memiliki kemampuanautofocus. Pengguna juga bisa memakai mode burst dan kamera akan menangkap hingga 99 gambar (4 frame per detik) secara terus menerus. 

Saat beralih fungsi menjadi  kamera video, kamera One X bisa merekam video dalam resolusi HD (high definition) dan mampu merekam gerakan lambat dengan 108 frame per detik.

Namun untuk pengguna biasa, kemampuan kamera sehebat itu bisa terasa mubazir. Pasalnya, pengguna biasa cenderung memakai ponselnya untuk memfoto diri sendiri dan obyek di sekitarnya untuk kemudian diunggah ke media sosial seperti Twitter, Facebook atau Path, yang jelas tidak membutuhkan foto beresolusi tinggi.

Hal itu disanggah oleh Justin Zhang, Senior Product Manager HTC Asia Pacific. “Kami fokus kepada pengalaman pribadi,” kata Zhang di hadapan para wartawan.

“Kita tentu ingin foto yang lebih vivid. 20 tahun lalu, kita lihat foto saat itu kualitasnya jelek. Kita tentunya ingin kelak memamerkan foto yang bagus ke anak cucu kita,” beber pria asal Singapura itu lagi.

Selain menawarkan kamera berkemampuan tinggi, One X juga mengusung sistem audio kelas atas besutan Beats Audio. Kombinasi kamera dan audio yang ditanamkan di dalam One X ditujukan agar pengalaman pengguna lebih komplet.

“Musik kan juga pengalaman. Kita tentu ingin audio yang lebih bagus, sehingga film, video dan foto yang kita miliki jadi memori, jadi sebuah pengalaman hidup. Itulah mengapa kami menghabiskan banyak usaha dalam dua hal itu,” beber Zhang.

Fitur lengkap HTC One X:
Prosesor: Quad-core 1.5GHz
Dimensi: 134.36 x 69.9 x 8.9 mm
Berat: 130g (dengan batere)
Layar: 4,7 inci, Super LCD2 capacitive touchscreen (720 x 1280)
Corning Gorilla Glass
OS: Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
UI: Sense 4.0
GPU: ULP GeForce
HTC ImageSense
1GB RAM
Penyimpanan: 32GB built-in storage
Kamera: 8 MP (belakang), dilengkapi AF dan flash; 1,3 MP (depan)
3,5mm audio output
Beats audio


Tidak ada komentar:

Posting Komentar